Senin, 10 Maret 2014

Animasi

Kredit ntuk Pak Santo Tjhin. Maaf bahan ajarnya saya bagi-bagi (juga obrak-abrik) hehe

1.      Pengertian Animasi
            Animasi berasal dari kata Animate yang berarti “ menghidupkan”.  Jadi animasi adalah  suatu upaya untuk memperlihatkan sesuatu objek, baik berupa benda dua dimensi atau tiga dimensi agar dapat terlihat hidup dan memiliki gerak, dengan cara membuat rangkaian visual frame by frame atau bagian per bagian dari objek. 
Manusia umumnya hanya dapat menangkap antara 12 hingga 15 gambar per detik, max sebanyak 24 gambar
perdetik.

2.      Animasi dan Daya Penglihatan Manusia
            Suatu program av yang di rekam kedalam pita video, agar terlihat wajar pada umumnya memerlukan 30 frame perdetik  dan untuk film bergerak (movie) diperlukan 24 frame per detik yang merupakan kecepatan standard film animasi. Hal ini ditujukan agar gerakan terlihat luwes dan natural. 

3.      Film Animasi
            Film animasi merupakan bagian dari audio visual statis. Karena setiap gambar yang di proyeksikan, sebenarnya adalah gambar diam atau statis, sehingga di sebut Stop-frame cinematography. Saat ini dunia animasi telah sangat maju, selain menggunakan cara tradisional : menggunakan lembaran celluloid / acetate film. Kini telah menggunakan software komputer, antara lain :
-adobe premire, after effect, 3D, soft image, sound force etc.

4.      Macam-macam Film Animasi
            Animasi tidak terbatas hanya untuk film anak-anak, atau hiburan, tetapi juga di pergunakan di dalam berbagai bidang. Karena animasi dapat menerangkan dengan rinci urutan sesuatu hal atau informasi yang ingin di sampaikan kepada masyarakat.
Contoh : di bidang kehakiman disebut animasi forensik, di bidang  pendidikan disebut animasi simulasi, di bidang pemasaran di sebut iklan televisi.
a)      Animasi forensik
            Pada kasus kecelakaan dibuat untuk menerangkan terjadinya  kecelakaan, berdasarkan data saksi, testing kendaraan yang mengalami kecelakaan dengan teori fisika & gerak.
b)      Animasi Simulasi
            Kerap  digunakan untuk membantu menggambarkan proses terjadinya sesuatu kejadian atau apa yang akan di hadapi, atau bagaimana sesuatu hal akan terjadi, misalnya menggambarkan arah peluncuran roket satelit, dll. Animasi ini sering digunakan pada simulator penerbangan, pertambangan, pembuatan kendaraaan, dll.
c)      Animasi arsitektur
            Digunakan untuk menggambarkan struktur suatu gedung baik gedung bertingkat sejak awal perencanaan,proses pembangunan hingga selesai . Tidak hanya ekterior saja, tetapi juga interior ruangan dengan penataannya. Animasi ini sering digunakan pada sipil dan arsitektur.
d)     Animasi untuk pendidikan
            Digunakan untuk menjelaskan tentang koordinasi gerak , dimana
di dalamnya satu gerakan badan di perlihatkan gerakan tulang tulang
serta sendi tertentu dengan gerak otot.
e)      Animasi untuk hiburan & komersial
            Digunakan untuk menciptakan khayalan khayalan untuk
memperkuat visualisasi suatu adegan dan sering digunakan untuk
keperluan iklan televisi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar