Kredit ntuk Pak Santo Tjhin. Maaf bahan ajarnya saya bagi-bagi (juga obrak-abrik) hehe
1.
Pengertian
Animasi
Animasi berasal dari kata Animate yang berarti “ menghidupkan”. Jadi
animasi adalah suatu upaya untuk memperlihatkan sesuatu objek, baik berupa benda dua
dimensi atau tiga dimensi agar dapat terlihat hidup dan memiliki gerak, dengan cara membuat rangkaian
visual frame by frame atau bagian per bagian dari objek.
Manusia umumnya hanya dapat menangkap antara 12
hingga 15 gambar per detik,
max sebanyak 24 gambar
perdetik.
2.
Animasi
dan Daya Penglihatan Manusia
Suatu program av yang di rekam kedalam pita video,
agar terlihat wajar pada umumnya memerlukan 30 frame perdetik dan untuk film bergerak (movie) diperlukan 24
frame per detik yang merupakan kecepatan standard
film animasi.
Hal ini ditujukan agar gerakan terlihat luwes dan natural.
3.
Film
Animasi
Film animasi merupakan bagian dari audio visual
statis. Karena setiap gambar yang di proyeksikan, sebenarnya
adalah gambar diam atau statis, sehingga di sebut Stop-frame cinematography.
Saat ini dunia animasi telah
sangat maju, selain menggunakan cara tradisional : menggunakan lembaran
celluloid / acetate film. Kini telah menggunakan software komputer, antara lain
:
-adobe premire, after effect, 3D, soft image, sound
force etc.
4.
Macam-macam
Film Animasi
Animasi tidak terbatas hanya untuk film anak-anak, atau hiburan, tetapi juga di pergunakan di dalam
berbagai bidang. Karena animasi dapat menerangkan dengan rinci urutan
sesuatu hal atau
informasi yang ingin di sampaikan kepada masyarakat.
Contoh : di bidang kehakiman disebut animasi forensik,
di bidang pendidikan disebut animasi
simulasi, di bidang pemasaran di sebut iklan televisi.
a) Animasi forensik
Pada
kasus kecelakaan dibuat untuk menerangkan terjadinya kecelakaan,
berdasarkan data saksi, testing kendaraan yang mengalami kecelakaan dengan
teori fisika & gerak.
b) Animasi Simulasi
Kerap digunakan untuk membantu menggambarkan proses
terjadinya sesuatu kejadian atau apa yang akan di hadapi, atau bagaimana
sesuatu hal akan terjadi, misalnya menggambarkan arah peluncuran roket satelit,
dll. Animasi ini sering digunakan pada simulator
penerbangan, pertambangan, pembuatan kendaraaan, dll.
c) Animasi arsitektur
Digunakan
untuk menggambarkan struktur suatu gedung baik gedung bertingkat sejak awal
perencanaan,proses pembangunan hingga selesai . Tidak hanya ekterior saja,
tetapi juga interior ruangan dengan penataannya.
Animasi ini sering digunakan
pada sipil dan arsitektur.
d) Animasi untuk pendidikan
Digunakan
untuk menjelaskan tentang koordinasi gerak , dimana
di dalamnya satu gerakan badan di perlihatkan gerakan tulang tulang
serta sendi tertentu dengan gerak otot.
e) Animasi untuk hiburan & komersial
Digunakan
untuk menciptakan khayalan khayalan untuk
memperkuat visualisasi suatu adegan dan sering digunakan untuk
keperluan iklan televisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar